Selasa, 01 Februari 2011

Perkebunan Pala

Manfaat Tanaman Pala 
Pala dimanfaatkan sebagai rempah selain itu juga fungsinya sebagai tanaman penghasil minyak atsiri yang digunakan dalam industri pengalengan, minuman dan kosmetik.
  1. Kulit batang dan daun : Batang/kayu pohon pala biasa disebut dengan “kino” hanya dimanfaatkan sebagai kayu bakar maupun bahan bangunan. Kulit batang dan daun tanaman pala dapat dihasilkan minyak atsiri.
  2. Fuli : Bagian dari Fuli adalah benda untuk menyelimuti biji buah pala yang berbentuk seperti anyaman pala, disebut “bunga pala” berwarna kemerahan. Bunga pala ini memiliki kandungan minyak atsiri yang baik.
  3. Biji pala : Biji pala dimanfaatkan sebagai rempah-rempah. Biji buah pala sesungguhnya dapat meringankan semua rasa sakit dan rasa nyeri yang disebabkan oleh kedinginan dan masuk angin dalam lambung dan usus. Disamping itu sangat baik untuk obat pencernaan yang terganggu, obat muntah-muntah dan lain-lainya.
  4. Daging buah pala : Disebagian sentra pembudidayaan tanaman pala, daging buah pala diproses menjadi makanan ringan, seperti: asinan pala, manisan pala, marmelade, selai pala, kristal daging buah pala, dll.



1 komentar:

  1. Pa kabar mas.. ni sama sibli... mampir ke blog saya.. :d
    http://magistre-sejarah.blogspot.com/

    BalasHapus